Kenapa Upacara Bendera Harus Hari Senin, Ini Alasannya


Kenapa Upacara Bendera Harus Hari Senin, Ini Alasannya

PaduDadi.com - Kenapa upacara harus hari senin? Senin adalah hari pertama memulai kegiatan setelah libur akhir pekan, jadi dianggap tubuh dan pikiran sudah selesai beristirahat pada kemarinnya. Karena Senin adalah awal siswa sekolah masuk setelah libur hari minggu, maka awal hari ini lah dirasa pas untuk mengisi nilai-nilai nasionalisme. Dengan menghayati upacara bendera tiap hari Senin maka kita bisa terus mengingat orang-orang yang pernah berjuang dari dulu dan kitapun bakal berjuang selama seminggu karena tugas menjalankan sekolah atau kerja selama seminggu.

Kenapa upacara harus hari senin? menghayati upacara bendera tiap hari Senin maka kita bisa terus mengingat orang-orang yang pernah berjuang dari dulu dan kitapun bakal berjuang selama seminggu karena tugas menjalankan  sekolah atau kerja selama seminggu.

Begitu berartinya bendera bagi suatu bangsa sehingga pahlawan rela mengorbankan jiwa raga untuknya. Untuk itu penghormatan pada bendera sebagai suatu kewajiban setiap warga negaranya, terutama para pelajar yang sedang mengalami pembentukan karakter bangsa. Karakter yang diharapkan dapat terbentuk melalui upacara bendera salah satunya adalah karakter nasionalisme sebagai perwujudan rasa cinta terhadap bangsa dan tanah air.

Alasan Kenapa Upacara Bendera Harus Hari Senin - Di Indonesia, upacara bendera pertama kali dilaksanakan ketika proklamasi kemerdekaan yakni pada tanggal 17 Agustus 1945, yang dipimpin oleh Ir.Soekarno yang kemudian menjadi presiden pertama di Indonesia. Pada dasarnya, upacara bendera mengajarkan berbagai nilai yakni, untuk selalu disiplin, tepat waktu, memiliki kemampuan mendengarkan, dan mengenang jasa para pahlawan. Selain itu, dengan adanya pembacaaan Pancasila dan menyanyikan lagu-lagu nasional dapat membangkitkan jiwa patriotisme dan nasionalisme.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca artikel di atas, Jangan Lupa Tinggalin Komentar

Trending

Pages

info

Search This Blog

OUR PICKS

info

Most Recent Post

ads