Pengobatan Aneh Di Indonesia Tapi Tetap Dilakuin


Pengobatan Aneh Di Indonesia Tapi Tetap Dilakuin - Bicara tentang Indonesia memang tidak pernah ada habis habisnya. Selalu saja ada hal hal unik yang menarik yang bisa diomongin. Bahkan saking uniknya terkadang tidak rasional untuk bisa diterima oleh akal sehat siapapun termasuk ane. 

Sebut saja misalnya tentang dunia perdukunan Indonesia yang oleh sebagian orang modern dianggap sesuatu yang menggelikan. Tapi bukan soal dukun yang akan saya bahas. Melainkan soal keunikan ala orang Indonesia ketika melakukan pengobatan yang dianggap tidak masuk akal. Tapi seolah menjadi sugesti untuk terus dipertahankan......Dan sepertinya jenis pengobatan ini hanya ada di Indonesia.

Berikut PaduDadi Rangkum Pengobatan Aneh Di Indonesia Tapi Tetap Dilakuin :

1. Salah Posisi tidur waktu tidur nyalahin bantal
Pengobatan Aneh Di Indonesia Tapi Tetap Dilakuin
Masih banyak orang Indonesia yang percaya kalo leher terasa nyeri ketika bangun tidur (gak bisa nengok kanan kiri). Itu namanya "tengengen" kata orang cirebon mah. Nah orangtua jaman dulu sering melakukan hal yang menurut ane kagak nyambung dan apa urusannya coba? Yaitu menjemur bantal lalu memukulkannya ke leher orang yang lagi sakit leher. Keseleo leher napa bantal yang disalahin.. tapi jujur ane masih sering ngelakuin ini kok.


2. Anyang Anyangan Susah Pipis Kenapa Jempol Kaki yang dikaretin?

Pengobatan Aneh Di Indonesia Tapi Tetap Dilakuin

Pernah mendengar istilah "Anyang Anyangan?" jika pernah beruntunglah karena agan termasuk orang yang unik. Unik karena menurut keyakinan sebagian besar orang Indonesia percaya bahwa jika susah pipis (pipis macet keluar sedikit dan sakit) maka ikatlah jempol kakimu dengan karet. Dan niscayalah pipismu akan lancar..... Meski sedikit sakit karena bulu kaki jempol kaki ketarik karet. Gak percaya cobain aja tarik satu saja bulu kaki di jempolmu


3. Demen Ngompol? Carilah Capung!
 
Pengobatan Aneh Di Indonesia Tapi Tetap Dilakuin

Mengobati penyakit demen ngompol dengan capung? Entah bagaimana asal muasalnya banyak orang yang tidak tahu. Tapi hal ini sudah menjadi rahasia umum orang tua di Indonesia. Ketika mengobati orang yang masih suka ngompol. Pengobatan unik ala Indonesia yang yang satu ini memang memiliki sugesti yang luar biasa. Bagaimana tidak? Ketika ada anak kecil atau orang dewasa yang suka ngompol di kasur, orang tua di jaman dulu akan mencari capung untuk ditempelkan di udel.

Rasanya geli banget gan....Udel kita akan digigit gigit oleh si capung dan itu bener bener bikin ngakak....Meski tak jarang juga banyak anak anak malah menangis jejeritan. Kasian capungnya juga harus mencium aroma udel..

4. Kebelet Berak? Cari Batu dan Kantongi!
Pengobatan Aneh Di Indonesia Tapi Tetap Dilakuin
Pasti agan agan pernah ngalamin yang namanya kebelet BAB? Setidaknya 2 atau 3 kali seumur hidupnya. Jika hal itu terjadi maka segeralah cari toilet terdekat. Kalo gak nemu juga maka buruan cari batu kerikil lalu kantongi di saku celana atau baju. Maka niscayalah rasa ingin berakmu akan hilang begitu saja lenyap entah kemana. Kebawa angin kali......

5. Gondokan/Gondongan di Leher? Luluri dengan Blau Warna Biru

Pengobatan Aneh Di Indonesia Tapi Tetap Dilakuin

Satu lagi nih gan, dan masih sering dilakukan oleh para orang tua di jaman dulu mungkin juga hingga sekarang. Mengobati penyakit gondokan atau Gondongan dengan cara mengolesinya pake blau warna biru. Jangan warna pink atau orange gan!

Katanya sih dipercaya dapat menyembuhkan penyakit gondongan, gan. Dan biasanya dilakukan kepada anak anak kecil sampe kadang seluruh mukanya ditutupi. Dikira mau ikutan pawai partai kali ya gan? 


6. Suka Cegukan? Coba dikagetin!

Pengobatan Aneh Di Indonesia Tapi Tetap Dilakuin


Karena ini Indonesia yang penuh dengan keunikan dan kearifan lokal, maka jangan pernah membenturkan metode penyembuhan ala orang tua jaman dulu dengan dokter. Yaaah, ini soal cegukan yang katanya bisa sembuh kalo dikagetin. Banyak orang tua jaman dulu bahkan hingga sekarang masih percaya melakukan teknik pengobatan cegukan dengan cara dikagetin.

Cara ngagetinnya gimana? Ya terserah....Mau dikagetin pake ledakan balon atau petasan, atau mungkin di bawa dulu ke kuburan buat ditakut takutin..

7. Sakit Gigi dan Jeroan Kecoa Batu!

Pengobatan Aneh Di Indonesia Tapi Tetap Dilakuin

Di sebagian besar wilayah Banten, Jawa Barat dan Pulau Jawa, pada umumnya. Masih banyak orang tua jaman dulu yang percaya bahwa salah satu obat sakit gigi paling ampuh adalah dengan menggosokan jeroan kecoa batu. Ingat ya gan kecoa batu, bukan kecoa yang gede yang biasa ada di toilet atau tempat tempat kotor!

Caranya bagaimana? Orang tua jaman dulu akan mencari kecoa batu berwarna abu abu muda bergaris yang bentuknya kecil di sela sela batu. Dengan sedikit jampi jampi lalu dipencet sampe jeroannya keluar dan menggosokannya di pipi dekat gigi yang sakit.

Saya adalah termasuk orang yang sering mengalaminya, dan itu benar benar terjadi. Sakit gigi saya sembuh entah karena sugesti yang kuat atau memang telah dijampi jampi...Ah sudahlah jangan dipikirkan yang penting sakit giginya sembuh.

Artikel Padu Dadi Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca artikel di atas, Jangan Lupa Tinggalin Komentar

Scroll to top