Mengenal Nasi Bogana Kuliner Khas Keraton Cirebon Yang Sarat Makna

Mengenal Nasi Bogana Kuliner Khas Keraton Cirebon Yang Sarat Makna
Nasi Bogana mungkin masih terdengar asing di telinga anda, Nasi Bogana adalah salah satu kuliner khas Kota Cirebon.

Kata Bogana diambil dari bahasa sunda, saboga-bogana yang artinya seada-adanya. Maksud seadanya disini adalah seadanya bumbu umum yang tersedia di dapur.

Semua bumbu umum yang ada di dapur seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, kayu manis, sereh, lada dan rempah-rempah lainnya digiling kemudian ditumis bersama, dan tumisan ini akan menjadi bumbu utama dari Nasi Bogana.

Nasi bogana juga biasanya selalu dihidangkan saat acara tradisi suraan, rajaban, dan syabanan.

Sejak turun temurun Nasi Bogana disajikan sebagai jamuan makan dalam berbagai upacara dan perayaan adat yang diselenggarakan di Keraton cirebon.

Hidangan Nasi Bogana berbentuk kerucut seperti nasi tumpeng pada umumnya. Warna nasinya sekilas terlihat mirip dengan nasi kuning, namun perbedaannya adalah Nasi Bogana menambahkan parutan kelapa pada bumbu utamanya.

Ayam kampung, tempe, tahu dan telur menjadi lauk pauk yang selalu ada menemani sajian Nasi Bogana.

Nasi Bogana juga dikenal luas oleh masyarakat Cirebon, masyarakat sekitar sering membuat Nasi Bogana untuk acara syukuran. Namun terdapat perbedaan dari cara penyajiannya, jika Nasi Bogana Keraton lauk pauk terdapat didalam nasi tumpengnya.

Hal tersebut dikarenakan ayam kampung, tempe, tahu, dan telur dimasukkan kedalam tumpeng nasi dan dikukus bersamaan dengan nasi.

Dan kini Nasi Bogana Keraton bisa anda nikmati langsung tanpa menunggu acara adat, karena Keraton Kacirebonan sudah menyediakan Pawon Bogana yang menyajikan berbagai makanan khas keraton, tempat yang tepat untuk menikmati sajian khas keraton.

Untuk Memanjakan Pengunjung di Pawon Bogana tersedia akses internbet gratis dengan WiFi yang sangat cepat. 

Harga Nasi Bogana relatif murah. Untuk menu Nasi Bogana dihargai Rp18 ribu per porsi. Sedangkan untuk Nasi Bogana Raja dibanderol Rp25 ribu per porsi.

Pawon Bogana dibuka mulai pukul 10.00-22.00 WIB untuk hari biasa. Sementara saat Ramadan, resto ini baru mulai buka pada pukul 17.00-22.00 WIB.

Thank For Reading : Mengenal Nasi Bogana Kuliner Khas Keraton Cirebon Yang Sarat Makna

Trending

Pages

info

Search This Blog

OUR PICKS

info

Most Recent Post

ads